Bos BSI Buka-bukaan Soal Mimpi Bank Syariah Kuasai 30% Pangsa Pasar


Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Keuangan dan Strategi Bank Syariah Indonesia (BRIS) Ade Cahyo Nugroho mengungkapkan kondisi perbankan syariah Indonesia yang tumbuh agresif dan potensi menguasai 30% dari total pasar perbankan nasional.

Cahyo mengungkapkan meski dalam kondisi ekonomi menantang imbas suku bunga tinggi dan likuiditas terbatas, perbankan syariah mampu tumbuh 15% atau lebih kencang dari pertumbuhan di sektor perbankan konvensional.

Dirinya mengatribusikan kesuksesan ini karena perusahaan melakukan bisnis dengan benar.

“Kita beruntung kita belajar bahwa ketika industri bener, kita menikmati peningkatan market share yang luar biasa,” terang Cahyo dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2024, Kamis (29/2/2024).

Pertumbuhan agresif perbankan syariah ini pada akhirnya ikut mengerek pangsa pasar perbankan syariah yang kini nyaris mencapai 8% dari semula hanya 5%, angka yang semula dianggap leh banyak pihak sulit untuk dilewati – 5% trap.

Lebih lanjut Cahyo menyebut dirinya dapat melihat transformasi perbankan syariah Indonesia dapat mengikuti trajektori yang dialami oleh Malaysia. Bos bank syariah 11 besar dunia tersebut menyebut saat ini sudah mulai jenuh, dengan pangsa pasar mencapai 30% dari total industri perbankan.

Melihat pertumbuhan industri syariah yang agresif, Cahyo yakin mimpi perbankan syariah kuasai 30% industri perbankan nasional dapat tercapai.

“30% itu mungkin maksimal yang bisa dicapai. Kita pertumbuhan masih agresif banget dibanding Malaysia. Jadi mimpi 30% dirasa masih bisa dicapai,” terang Cahyo.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Top! BTPN Syariah (BTPS) Biayai 4,3 Juta Nasabah Ultra Mikro

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *