Calon Kuat Cawapres Prabowo, Harta Gibran Rp 26 M

Jakarta, CNBC Indonesia – Pada awal pekan ini, Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan gugatan terkait syarat batas usia minimal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Kini orang yang berusia kurang dari 40 tahun dengan pengalaman pernah menjadi kepala daerah bisa maju mencalonkan diri sebagai RI 1 dan RI 2.

Maka demikian, pintu terbuka bagi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk maju sebagai calon wakil presiden.

Nama Gibran sebelumnya sempat digadang-gadang akan mendampingi Ganjar Pranowo yang telah diusung partainya, PDI Perjuangan. Akan tetapi ternyata Ganjar mengumumkan Mahfud MD sebagai wakilnya pada Pilpres 2024. 

Belakangan nama Gibran disebutmenjadi calon kuat cawapres untuk Prabowo Subianto.  Gibran dikabarkan akan pindah ke Partai Golkar untuk memuluskan rencana tersebut. Namun kemudian dia sempat menepis kabar tersebut dan menegaskan masih menjadi kader PDIP.

Karena ini, karir politiknya menjadi perhatian. Di samping itu, kiprah bisnisnya sebelum terjun ke dunia politik juga menarik disimak.

Seperti ayahnya, Wali Kota Surakarta berusia 35 tahun ini juga dikenal sebagai pengusaha sebelum terjun ke dunia politik. 

Latar belakang tersebut membuat dirinya memiliki harta yang tidak sedikit, meski masih berusia muda. Lantas, berapakah nilai kekayaan Gibran?

Berdasarkan laman Pengumuman Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Gibran Rakabuming Raka memiliki total kekayaan sebesar Rp 26,03 miliar, per 31 Januari 2023.

Besaran harta itu terdiri dari tanah dan bangunan dengan total nilai Rp 17,33 miliar. Itu meliputi 7 kepemilikan yang terdiri dari tanah dan tanah dan bangunan, yang tersebar di Surakarta (5) dan di Sragen (2). Semuanya tercatat sebagai hasil sendiri.

Kemudian, Gibran tercatat memiliki alat transportasi dan mesin dengan total nilai Rp 332 juta. Itu terdiri dari motor Honda Scoopy tahun 2015, motor Honda CB-125 tahun 1974, motor Royal Enfield tahun 2017, mobil Toyota Avanza tahun 2016, mobil Toyota Avanza tahun 2012, mobil Isuzu Panther tahun 2012, dan mobil Daihatsu Gran Max tahun 2015. Semuanya tercatat sebagai hasil sendiri.

Di samping itu, Gibran juga tercatat memiliki harta bergerak lainnya sebesar Rp 260 juta. Selain itu, Gibran melaporkan utang sebesar Rp 551,59 juta.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Cawapres Prabowo Mana Paling Tajir, Anak atau Menteri Jokowi?

(mkh/mkh)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *