Daftar Pemegang Saham Terbesar Apple


Jakarta, CNBC Indonesia – Kepemimpinan CEO Apple Tim Cook telah membawa perusahaan teknologi tersebut ke tingkat yang lebih tinggi, termasuk kapitalisasi pasar Apple yang mencapai puncaknya sebesar US$ 3 triliun.

Cook sendiri memiliki saham yang besar di Apple, namun pemilik Apple sebagian besar adalah investor institusi.

Apple merilis pernyataan proksi setiap tahun yang mengungkapkan institusi dan individu yang memegang 5% atau lebih saham perusahaan.

Mengacu pada laporan business insider, pemilik saham Apple per Januari 2023 terbesar adalah perusahaan Vanguard Group Inc., yang memegang 7,96% saham perusahaan, atau lebih dari 1,2 miliar lembar saham.

BlackRock Inc. memiliki sekitar 1,1 miliar saham, yang merupakan 6% dari saham yang diterbitkan, menurut dokumen tersebut. Pemegang saham Apple terbesar ketiga adalah Berkshire Hathaway Inc. milik Warren Buffett, dengan kepemilikan sekitar 5,73% dari saham beredar Apple.

Investor individu terbesar di perusahaan pada Januari 2023 adalah Arthur Levinson, kata kuasanya, dengan lebih dari 4,5 juta saham. Levinson telah menjadi anggota dewan Apple sejak tahun 2000 dan ketua dewan direksi sejak tahun 2011.

Urutan berikutnya setelah Levinson, dalam hal individu, adalah CEO Apple Tim Cook, diikuti oleh Jeff Williams, Chief Operating Officer perusahaan, menurut dokumen tersebut.

Di sisi lain, Informasi terkini kepemilikan Tim Cook atas saham Apple rencananya akan dirilis pada Januari 2024. Dia memiliki 3.3 juta saham pada Oktober 2023, menurut pengajuan SEC.

Selain itu, Steve Jobs mendirikan perusahaan NeXT pada pertengahan tahun 1980an. Di tengah kemerosotan penjualan Apple, Jobs mengundurkan diri, mendirikan perusahaan, dan merekrut talenta Apple untuk bekerja di NeXT.

Pada tahun 1996, Apple membeli NeXT, percaya bahwa sistem operasi NeXT memiliki peluang lebih besar untuk sukses di pasar. Jobs dipekerjakan kembali, dan pada bulan Juli 1997, dia kembali menjabat sebagai CEO setelah kudeta kepemimpinan.

Apakah Bill Gates memiliki saham Apple?

Pada tahun pertama Jobs menjabat sebagai CEO, ia menjalin kemitraan dengan Microsoft milik Bill Gates, yang melakukan investasi sebesar $150 juta di Apple dan berkomitmen mengembangkan perangkat lunak untuk MacOS. Pada tahun 2003, Microsoft memilih untuk menjual seluruh saham Apple miliknya seharga $550 juta.

Meski demikian, Bill Gates diketahui merupakan pemilik saham Apple secara tidak langsung, hal ini karena perusahaan filantropis miliknya dan mantan istri, Bill and Melinda Gates Foundation, menggenggam sejumlah saham Apple sebagai aset investasi. Selain itu, salah satu portofolio saham terbesar yayasan amal tersebut adalah Berkshire Hathaway.

Sebagaimana diketahui, Apple didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne pada tahun 1976. Wayne menjual 10% sahamnya di Apple seharga $1.500 12 hari setelah mendirikan Apple.

Tidak jelas seperti apa kepemilikan Wozniak saat ini, namun dia dan Steve Jobs awalnya memiliki 45% saham di perusahaan tersebut. Istri Jobs, Laurene Powell Jobs, mewarisi 5,5 juta lembar saham Apple, menurut dokumen perusahaan sejak tahun 2011. Namun pada tahun 2022, dia berjanji akan memberikan sebagian besar kekayaannya melalui upaya filantropisnya, dan tidak jelas berapa jumlah saham Apple. dia masih memegang.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Simak Rahasia Cuan dari 5 Momentum Pasar Modal

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *