Wajib Tahu, Ini Perbedaan SPBU, Pertashop dan Pertamini


Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina (Persero) menawarkan kerja sama kemitraan atau waralaba kepada seluruh masyarakat. Bisnis ini merupakan prospek bisnis yang menjanjikan di Indonesia, meskipun membutuhkan modal yang lumayan besar.

Franchise Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum/SPBU Pertamina memang mendatangkan keuntungan yang cukup besar dan produknya dibutuhkan oleh sebagian masyarakat di Indonesia.

Pertamina memberikan pilihan franchise bagi masyarakat yang ingin membuka usaha di pengisian bahan bakar. Terdapat perbedaan antara SPBU, pertashop, dan pertamini.

SPBU merupakan tempat pengisian bahan bakar lebih besar dan disediakan berbagai rest area. Bahan bakar yang dijual di SPBU juga lebih lengkap. Selain Pertalite dan pertamax dijual juga bahan bakar jenis lain, baik itu untuk kendaraan yang menggunakan bensin, maupun solar.

Sementara, SPBU mini atau yang dikenal dengan Pertashop. Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

SPBU mini biasanya ada di tempat-tempat terpencil, seperti di pedesaan atau perkampungan yang jauh dari kota. Hal itu karena lahan yang dibutuhkan untuk mendirikannya pun lebih sempit.

Untuk kemitraan ini, Pertamina membagi dua jenis usaha yaitu Pertashop Platinum dan Pertashop Gold.

Sedangkan Pertamini menjadi istilah baru bagi penjual bahan bakar eceran. Pertamini muncul ketika adanya penjualan dispenser penakar bahan bakar yang dibuat oleh masyarakat skala rumahan. Pertamini menjual bahan bakar jenis Pertalite dan Pertamax yang dibeli dari SPBU.

Namun, ternyata keberadaan Pertamini tidaklah berizin dari pemerintah. Bahkan tidak ada pengawasan baik kualitas bahan bakar sampai takaran pasti bahan bakar yang dijual. Selain itu,  harga BBM di Pertamini lazimnya malah lebih mahal daripada SPBU dan Pertashop. Hal ini karena SPBU dan Pertashop merupakan outlet resmi dan menerapkan harga resmi dari Pertamina.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Raih 12 Kontrak, SBMA Bidik Tender ke Cucu Usaha Pertamina

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *